Cara Mendirikan Bisnis Online Selama Pandemi

Cara Mendirikan Bisnis Online Selama Pandemi

Banyak dari kita menghadapi tantangan pekerjaan karena pembatasan jangka panjang yang diterapkan sebagai akibat dari pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, dengan pengangguran diperkirakan mencapai level tertinggi sejak 2016 sebesar 4,9%.

Namun, 2020 diperkirakan telah melihat pertumbuhan 12% dalam bisnis baru dibandingkan tahun sebelumnya dan, menurut studi dari Growth Intelligence, pandemi mengakibatkan lebih dari 85.000 bisnis online didirikan selama puncak penguncian nasional tahun lalu. Sektor fesyen dan pakaian mengalami peningkatan terbesar dalam bisnis e-commerce baru, dengan 8.665, diikuti oleh manufaktur (7.129) dan ritel makanan dan minuman (4.156).

Dengan permintaan untuk bisnis online yang akan terus meningkat selama penguncian saat ini, pakar bisnis terkemuka, Andres Perez, Direktur di Sekolah Bisnis Universitas Hukum (ULaw), menyoroti lima praktik terbaik untuk membantu memulai usaha bisnis Anda dengan awal yang baik. :

Identifikasi titik perbedaan Anda

Agar bisnis apa pun berhasil, produk atau layanan yang ditawarkan tidak hanya harus menarik bagi pelanggan, tetapi juga menawarkan sesuatu yang unik. Berada dalam persaingan langsung dengan merek lain yang mungkin jauh lebih mapan terbukti menantang, jadi luangkan waktu untuk menentukan apa yang membedakan Anda dari pesaing sejak awal.

Mr Perez menambahkan: “Inspirasi untuk menemukan celah di pasar sering kali dapat datang dari melihat hobi dan hasrat Anda, untuk mengidentifikasi apakah ada sesuatu yang dapat Anda berikan yang lebih baik atau berbeda dari yang sudah tersedia. Penting juga untuk menguji ide Anda pada calon pelanggan. Jika Anda memiliki produk makanan misalnya, mintalah umpan balik yang jujur dari teman dan keluarga Anda sebelum meluncurkannya ke pasar.”

Lakukan riset konsumen Anda

Setelah Anda menetapkan di mana bisnis Anda akan memenuhi permintaan konsumen, Mr Perez menyarankan penting untuk melakukan uji tuntas saat menganalisis industri yang akan Anda masuki dan perilaku pelanggan di dalamnya.

Jika Anda memiliki situs web, Google Analytics dapat memberikan data berharga tentang bagaimana audiens dan pelanggan Anda berinteraksi, termasuk konten dan produk apa yang paling menarik. Alat Google gratis lainnya, seperti Google Search Trends, dapat memberi Anda ide bagus tentang apa yang dicari orang secara online, yang dapat membantu menginformasikan pengembangan konten atau produk. Memanfaatkan media sosial untuk menemukan tren percakapan dalam suatu sektor juga akan membantu Anda menyesuaikan produk atau layanan Anda agar berdampak.

Lakukan apa yang Anda bisa dengan anggaran rendah

Skenario yang paling mungkin adalah Anda akan memulai proyek bisnis baru dengan sedikit atau tanpa uang, tetapi Anda dapat mencapai banyak hal dengan tidak menginvestasikan apa pun kecuali waktu Anda sendiri. Logistik untuk mendirikan bisnis hanya berharga £12, sementara merancang situs web dasar pada contoh pertama dapat dilakukan secara gratis di WordPress seperti untuk membangun basis operasi untuk merek Anda.

Memanfaatkan media sosial adalah suatu keharusan untuk membangun jaringan dan mempromosikan layanan atau ide Anda secara gratis dan membuat merek Anda dikenal dan mulai membangun reputasi Anda, kata Mr Perez. Ada sumber belajar gratis tanpa akhir yang tersedia untuk membantu Anda mengembangkan strategi yang tepat, seperti Garasi Digital Google dan panduan pemula Moz untuk media sosial.

Merancang rencana bisnis

Menetapkan rencana bisnis sangat berharga karena akan memungkinkan Anda mengidentifikasi tujuan jangka pendek dan jangka panjang bisnis serta garis besar cara mencapainya. Ini dapat mencakup apa saja mulai dari bagaimana Anda ingin mempromosikan produk Anda, hingga investasi dalam pertumbuhan, dan akan memastikan bahwa siapa pun yang terlibat dalam proyek memiliki pemahaman yang sama dan berusaha mencapai tujuan yang sama.

Menyusun rencana bisnis yang baik relatif sederhana dan harus mengikuti struktur yang sederhana. Mulailah dengan pendahuluan yang menguraikan elemen kunci dan tujuan bisnis, sebelum memetakan model dan struktur bisnis resmi. Setelah ini ditetapkan, Anda harus menyertakan tinjauan produk atau layanan Anda dan rincian pelanggan dan pasar yang ingin Anda targetkan, diikuti dengan analisis pesaing. Selesaikan rencana Anda dengan strategi pemasaran dan penjualan yang jelas, diikuti dengan proyeksi keuangan untuk memastikan bisnis Anda siap untuk membuat percikan.

Ketahui kewajiban Anda

Saat memulai dengan bisnis Anda sendiri, serta membangun produk, merek, dan strategi yang baik, sama pentingnya untuk memastikan semua persyaratan admin dan hukum dipenuhi. Pastikan untuk mendaftarkan perusahaan Anda di Companies House Maxbet , berikan nama dan alamat yang sesuai, dan cari tahu jenis bisnisnya, seperti perusahaan terbatas atau pedagang tunggal.

Baca juga artikel berikut ini : Kesalahan harus dihindari bisnis E-commerce spadegaming slot